Fransisco Yapri, Kader Garda Bangsa Belitung Masuk Islam

| Sabtu, 14/09/2019 09:07 WIB
Fransisco Yapri, Kader Garda Bangsa Belitung Masuk Islam Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj memberikan Alquran kepada Fransisco Yapri usai berikrar masuk Islam (dok FB Eman Hermawan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj kembali menuntun seorang pria yang akan masuk Islam di kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Kamis 12 September 2019.

Pria tersebut bernama Fransisco Yapri alias Ahyong, warga Bangka Belitung. Yapri adalah kader salah satu organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Garda Bangsa.

Di tempat asalnya, Yapri yang bernama asli Yaprianto diketahui aktif menjabat sebagai Bendahara Garda Bangsa Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Sebelum Yapri dituntun membaca dua kalimat syahadat, Kiai Said sempat menceritakan tentang keistimewaan Islam.

Menurut Kiai Said, Islam adalah agama ramah dan toleran. Alquran adalah kitab suci agama Islam yang sudah lima belas abad tidak pernah berubah.

Lantas Kiai Said berpesan kepada Yapri untuk mulai belajar agama Islam dan mengikuti ragam aktivitas serta tradisi Islam.

"Nanti kalau sudah iya (masuk Islam) mandi ya, ikut-ikut shalat di masjid, lama-lama bisa baca surat Fatihah, kalau ada orang tahlilan ikut," nasihat Kiai Said kepada Yapri. 

Kemudian Kiai Said pun menuntun Yapri membaca dua kalimat syahadat disaksikan oleh sejumlah pengurus PBNU serta koleganya. Nama Yapri juga ditambah sesuai nama Islam menjadi Muhammad Ali Yaprianto.

Tags : PBNU , PKB , Fransisco Yapri , Garda Bangsa