Halaqah Kebangsaan, PP Muhammadiyah Ajak Seluruh Elemen Jaga Kesatuan Bangsa

| Kamis, 12/04/2018 21:20 WIB
Halaqah Kebangsaan, PP Muhammadiyah Ajak Seluruh Elemen Jaga Kesatuan Bangsa Halaqah Kebangsaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dihadiri oleh pimpinan Partai Politik. (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir, mengajak seluruh elemen bangsa untuk tidak memecah belah kesatuan bangsa dan menimbulkan permusuhan pada Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 mendatang. Haedar juga meminta pesta demokrasi berjalan sesuai koridor konstitusi, prinsip demokrasi dan moralitas.

Haedar menyampaikan hal tersebut dalam acara Halaqah Kebangsaan PP Muhammadiyah di Gedung Pusat Dakwah, Jakarta, Kamis, 12 April 2018 siang. Halaqah yang digelar secara tertutup tersebut juga dihadiri oleh para pimpinan partai politik diantaranya Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, dan beberapa perwakilan pimpinan partai politik lainnya.

Haedar juga menuturkan, Muhammadiyah dan partai politik mempunyai pandangan sama. Bahwa seluruh elemen, memiliki kewajiban moral dan konstitusional menjadikan bangsa Indonesia bersatu, adil dan berdaulat.

"Tantangan terberat kita adalah menyinambungkan nilai-nilai dasar itu untuk diimplementasikan di dalam kehidupan berbangsa," ujarnya.

Muhammadiyah, kata Haedar, tetap berkomitmen menjadikan Indonesia sesuai cita-cita kemerdekaan. Namun, dia menyadari, usia kemerdekaan yang mencapai 72 tahun, hingga kini, masih menyisakan berbagai persoalan antara lain korupsi, penggarapan sumber daya alam yang belum maksimal dan persoalan politik.

"Semangat ini akan terus kami pupuk satu sama lain. Kami sadar berbeda posisi dan peran termasuk partai politik. Tapi semua tak mengurangi ikhtiar dan tekad politik untuk menjadikan rakyat sebagai pemilik kedaulatan rakyat," pungkasnya.

Tags : Halaqah Kebangsaan , PP Muhammadiyah

Berita Terkait