Bahas Persiapan Mudik Lebaran, DPR dan Pemerintah Rapat Hampir Lima Jam

| Senin, 04/06/2018 22:05 WIB
Bahas Persiapan Mudik Lebaran, DPR dan Pemerintah Rapat Hampir Lima Jam Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi V DPR RI yang membidangi infrastruktur dan transportasi menggelar rapat kerja dan rapat dengar pendapat (RDP) tentang persiapan mudik Lebaran 2018 bersama Pemerintah yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Senin, 4 Juni 2018.

Rapat yang dimulai sekitar pukul 13.00 WIB ini baru selesai sekitar pukul 17.40 WIB. Dalam rapat, kebanyakan anggota Komisi V meminta seluruh stakeholder terkait persiapan mudik Lebaran agar meningkatkan pelayanan dan pengawasan.

"Rapat ini kita tutup dengan empat kesimpulan dan sudah bisa disetujui," kata Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis sambil mengetuk palu, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/6).

Rapat ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR. Selain itu, turut hadir pula perwakilan dari Korlantas, Basarnas dan BMKG.

Berikut 4 poin kesimpulan rapat:

1. Komsi V DPR RI meminta anggaran Kementerian Perhubungan selaku koordinator pelayanan Angkutan Lebaran 2018 terpadu bersama dengan Kementerian PUPR, BMKG, Basarnas dan Korlantas Polri untuk mempersiapkan angkutan Lebaran secara baik.

2. Komisi V DPR RI meminta pemerintah untuk terus meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam mewujudkan peningkatan pelayanan antar moda dan antar wilayah serta konektifitas yang handal dalam penyelenggaraan angkutan Lebaran.

3. Komisi V DPR RI mendesak pemerintah untuk memberikan perhatian khusus dan melakukan antisipasi terhadap permasalahan yang terjadi pada arus mudik dan balik Lebaran tahun 2017, antara lain penguraian cepat di lokasi berpotensi macet; meningkatkan kualitas pelayanan rest area, memaksimalkan ramp check dan pengawasan pelayanan tarif di seluruh moda transportasi.

4. Komisi V sepakat untuk mengagendakan rapat evaluasi rapat evaluasi tentang penanganan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 segera setelah selesai Operasi Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2018.

Tags : DPR RI , Kementerian Perhubungan RI , Kementerian PUPR