Indonesia-Mikronesia, Presiden: Kita Sama-sama Negara Kepulauan

| Rabu, 18/07/2018 15:42 WIB
Indonesia-Mikronesia, Presiden: Kita Sama-sama Negara Kepulauan Jokowi saat bersilaturahmi dengan penerima JKN di Istana Negara (foto: setkab)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Indonesai dan Federasi Serikat Mikronesia banyak kesamaan yang dimiliki kedua negara itu, yakni sama-sama negara kepulauan.

“Kita adalah sama-sama bangsa Pasifik, kita sama-sama negara kepulauan. Mikronesia memiliki 600 pulau dan Indonesia memiliki lebih dari 17. 000 pulau,” kata Presiden Jokowi

Menurut Presiden, hubungan kedua negara tersebut tentu tidak asing apalagi Presiden Federasi Serikat Mikronesia, Peter Christian merupakan keturunan Maluku yang merupakan generasi ketiga di Mikronesia.

Presiden Christian juga akan pulang kampung ke Ambon, Maluku. “Hal ini merupakan bukti bahwa ikatan antar masyarakat kedua negara sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu,” terangna.

Diketahui, Federasi Mikronesia (Federated States of Micronesia) adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Samudra Pasifik, yang terdiri dari 4 (empat) negara bagian, yaitu Yap, Chukk, Pohnpei, dan Kosrae.

Tags : Jokowi , Presiden Mikronesia ,