Akseptabilitas Jokowi di Kalangan Islam Minim, Median: Gandeng Cak Imin

| Kamis, 26/07/2018 15:02 WIB
Akseptabilitas Jokowi di Kalangan Islam Minim, Median: Gandeng Cak Imin Direktur Riset Median, Sudarto menyampaikan materi dalam JOIN Talk Show di Jakarta (dok radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga Media Survei Nasional (Median) menggelar survei nasional tentang elektabilitas kandidat capres-cawapres di Pilpres 2019 periode 6-15 Juli 2018.

Hasilnya nama Joko Widodo memuncaki elektabilitas tokoh sebagai Capres dengan 35,7 persen. Jauh mengungguli tokoh-tokoh lain yang juga digadang-gadang maju sebagai Capres.

Namun, dalam sisi tingkat kesukaan atau akseptabilitas, ternyata Jokowi tak sepenuhnya mendapat simpati publik, terutama di kalangan Islam.

Hasil survei Media menyebut mayoritas responden sepakat jika Jokowi menggandeng Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Cawapres jika ingin akseptabilitasnya naik.

“Minimnya akseptabilitas Jokowi di kalangan Islam hanya dapat ditutupi oleh figur Cak Imin,” kata Direktur Riset Median, Sudarto saat menghadiri JOIN Talk Show di Jakarta Pusat, Kamis 26 Juli 2018.

Sudarto menjelaskan, sebanyak 43,1 persen responden setuju jika Jokowi menggandeng Cak Imin sebagai cawapres. 

Dia menilai Cak Imin adalah sosok yang mampu menjembatani Jokowi dengan umat Islam dari berbagai latar oraganisasi.

“Mungkin masyarakat ini menganggap bahwa pak Muhaimin ini adalah orang yang mampu menjembatani pak Jokowi dengan orang-orang Islam, khususnya dengan orang-orang politik Islam, makanya banyak dipilih oleh masyarakat,” papar Sudarto.

Tags : Cak Imin , Median , Jokowi

Berita Terkait