Di Sumenep Harga Tembakau Rajangan Tembus Rp 50 Ribu

| Selasa, 07/08/2018 14:34 WIB
Di Sumenep Harga Tembakau Rajangan Tembus Rp 50 Ribu Salah satu petani tembakau saat memanen tembakau. (doc. istimewa)

SUMENEP,RADARBANGSA.COM- Pada awal panen musim tahun ini, para petani tembakau di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, patut mengucapkan syukur, sebab harga tembakau rajangan di petani tembus Rp. 50 Ribu perkilogram.

"Kami menjual tembakau yang berkualitas tinggi dengan harga Rp. ribu perkilogram, dan kualitas yg rendah kami jual seharga Rp. 35 ribu," Kata Busairi petani tembakau asal Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, Selasa, 07 Agustus 2018.

Harga tembakau di Sumenep juga ditentukan oleh lokasinya, sebab kadar tanah juga menentukan kualitasnya, di kecamatan Guluk-Guluk misalnya, harga tembakau rajangan berkisar di harga Rp.35-45 ribu perkilogram dan di kecamatan Manding rata-rata mencapai Rp. 45-50 ribu perkilogram.

Mulai tanggal 1 Agustus kemarin, para petani sudah mulai banyak yang panen tembakaunya, di Sumenep para petani merajang sendiri, menjemur dan mengemas dengan tikar sebelum di jual kepada para pedagang.

Dalam penuturan Busairi, harga tembakau musim ini yang mencapai 50 ribu perkilogram ini didukung oleh kondisi cuaca yang baik sehingga menghasilakan kualitas yang bagus.

"Kalau cuaca terus bagus, tidak hujan, harga tembakau akan stabil, semoga cuaca tetap baik agar para petani bisa menikmati hasil yang maksimal," pungkas Busairi.

Tags : Patani , Harga Tembakau , Sumenep

Berita Terkait