Hadiri HUT TNI ke-73, ini Amanat Presiden RI

| Jum'at, 05/10/2018 14:29 WIB
Hadiri HUT TNI ke-73, ini Amanat Presiden RI Presiden RI Joko Widodo pimpin upacara HUT TNI ke-73 di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10). (Foto: mediaindonesiacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan HUT TNI ke-73 di Cilangkap, Jakarta Timur, Jum`at, 5 Oktober 2018. Dalam pidatonya, Jokowi mengajak TNI untuk bersama-sama menjaga NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta memberantas komunisme dan warisan PKI.

"Sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Angkatan Darat, tugas saya adalah bersama saudara-saudara menjaga NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Bersama-sama saudara-saudara melawan ideologi lain selain Pancasila, memberantas Komunisme dan warisan PKI," kata Presiden.

Kepala Negara juga berpesan agar prajurit TNI senantiasa memegang teguh Sumpah Prajurit, menjadikan TNI semakin profesional yang mendukung demokrasi dan pembangunan nasional. "Serta memegang teguh prinsip politik negara sebagaimana diamanatkan Panglima Besar Jenderal Sudirman," tegas Jokowi.

Presiden juga ingin memastian TNI menjadi angkatan bersenjata modern yang mampu memainkan peran sentral di kawasan Asia dan Dunia. Selain itu, Presiden juga berterima kasih atas komitmen dan dedikasi prajurit TNI sebagai patriot sejati yang memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

"Memastikan TNI semakin profesional menjadi alat pertahanan negara yang tangguh dan memastikan agar ke depan prajurit dan keluarga TNI menjadi lebih sejahtera dimanapun saudara bertugas," tutur Presiden Jokowi.

Terakhir, Presiden tak lupa mengucapkan dirgahayu TNI ke-73 kepada seluruh prajurit TNI. "Kepada seluruh keluarga besar TNI termasuk yang sedang bertugas di wilayah perbatasan, di pedalaman, di pulau terdepan, dan misi perdamaian di luar negeri saya mengucapkan selamat HUT RI ke-73 Dirgahayu tentara Indonesia, Tentara Nasional Indonesia," pungkasnya.

Tags : HUT TNI , Jokowi , NKRI , Pancasila , TNI

Berita Terkait