Kemnaker Perluas BLK untuk Lulusan SD-SMP, Begini Cara Daftarnya

| Selasa, 12/02/2019 18:35 WIB
Kemnaker Perluas BLK untuk Lulusan SD-SMP, Begini Cara Daftarnya Logo Kemnaker RI

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya untuk meningkatkan skill angkatan kerja dengan membuka akses selebar-lebarnya bagi masyarakat untuk mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK). 

Dari data yang dimiliki Kemnaker, masih ada sekitar 58 persen angkatan kerja Indonesia berpendidikan SD-SMP. Umumnya, mereka kesulitan mendapatkan akses peningkatan keterampilan.

“Untuk itu, @KemnakerRI membuat pelatihan gratis dan terbuka untuk semua di BLK,” demikian disampaikan akun twitter resmi @KemnakerRI, Selasa 12 Februari 2019.

Sebelumnya, Menaker Hanif Dhakiri berulangkali meminta akses BLK untuk diperluas di tengah masyarakat, terutama untuk angkatan kerja lulusan SD dan SMP.

Peningkatan skill pekerja lulusan SD-SMP harus mendapat perhatian serius, karena menurut Menaker, angkatan kerja lulusan ini jumlahnya mencapai sekitar 100 juta orang. 

Salah satu langkah memperluas akses BLK, sejak dua tahun lalu, Menaker sudah menghapus aturan yang mensyaratkan peserta pelatihan di BLK minimal lulusan SMA. 

Jenis pelatihan yang diberikan di BLK harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga selesai mengikuti pelatihan akan terserap industri. 

Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan mengembangkan Program 3R untuk pengembangan BLK. Program 3R adalah reorientasi, revitalisasi dan rebranding.

Untuk mensukseskan program 3R, penyusunan kurikulum dan instruktur melibatkan profesional dari kalangan industri. Pada penghujung pelatihan, peserta juga harus mengikuti uji kompetensi.

Info lebih lanjut mengenai syarat dan mekanisme pendaftaran dapat diakses di situs berikut, website binalattas.kemnaker.go.id.

Tags : Kemnaker , BLK , Tenaga Kerja