KPU Optimis Penetapan Hasil Pemilu Tidak Molor

| Selasa, 30/04/2019 20:04 WIB
KPU Optimis Penetapan Hasil Pemilu Tidak Molor Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimis rekapitulasi nasional hasil pemilu akan selesai sesuai target 22 Mei. Komisioner KPU Pramono Ubaid mengatakan bahwa tantangan saat ini rekapitulasi di tingkat kecamatan.

"Sejauh ini kita masih optimis proses rekapitulasi dan penetapan hasil Pemilu itu sesuai jadwal untuk tingkat nasionalnya nanti tanggal 22 Mei karena memang sebenarnya yang paling banyak masalah itu sebenarnya ada di tingkat kecamatan," kata Pramono di Jakarta, Selasa, 30 April 2019.

Dia menerangkan, masalah yang paling banyak di tingkat kecamatan karena paling banyak selisih angka, serta pencocokan kembali, verifikasi dan adu data. Jika sudah selesai verifikasi di tingkat kecamatan, Pramono menyebut rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota akan lancar.

"Datanya Kalau ada selisih angka kemudian dicek ulang ke C1 plano, bahkan kalau belum ketemu angkanya nanti dibuka kotak suara dihitung surat suaranya, memang proses itu yang memakan waktu lama di bawah," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, rekapitulasi dilakukan secara manual berjenjang dari kecamatan, kemudian kabupaten/kota, ke provinsi hingga nasional. Kemudian, tanggal 22 Mei dijadwalkan rekapitulasi nasional sekaligus penetapan hasil Pemilu. 

Tags : KPU RI , Rekapitulasi Hasil Pemilu , Pemilu 2019