KPU Sebut 60 Kabupaten/Kota Sudah Selesai Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

| Senin, 06/05/2019 17:16 WIB
KPU Sebut 60 Kabupaten/Kota Sudah Selesai Rekapitulasi Suara Pemilu 2019 Rekapitulasi suara. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisioner KPU RI Ilham Saputra mengatakan bahwa sudah 60 persen Kabupaten/Kota yang telah menyelesaikan rekapitulasi hasil Pemilu 2019.

"Sampai saat ini per kemarin, Minggu (5/5), ada sekitar 60 persen kabupaten/kota yang sudah selesai rekapitulasinya," kata Ilham di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

Dijelaskannya, jika sesuai dengan PKPU, KPU tingkat Provinsi bisa langsung melakukan rekapitulasi suara tanpa perlu menanti seluruh kabupaten/kota selesai rekapitulasi. Hal ini karena KPU tak ingin jadwal rekapitulasi tingkat nasional terlambat.

"Sebab kalau menunggu nanti terlambat," ujarnya.

Ilham mengungkapkan bahwa terdapat beberapa provinsi yang akan mulai melakukan rekapitulasi hari ini. Misalnya, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang baru mulai melakukan rekapitulasi suara hari ini.

"Operasi sebagian sudah mulai seperti Jawa Timur hari ini sudah mulai. Kemudian di NTT juga akan mulai hari ini. jadi sebagian besar mungkin besok baru akan mulai rekapitulasi provinsi," pungkasnya seperti dikutip dari okezone.com. 

Tags : KPU RI , Rekapitulasi Suara , Pemilu 2019