Cuaca Panas Diprediksi Capai 50 derajat, Ini Tantangan Layanan Transportasi Haji 2019

| Kamis, 27/06/2019 20:25 WIB
Cuaca Panas Diprediksi Capai 50 derajat, Ini Tantangan Layanan Transportasi Haji 2019 Bus Shalawat yang melayani jemaah haji Indonesia (foto: kemenag)

CIREBON, RADARBANGSA.COM - Penyelenggaraan haji 1440H/2019M bertepatan dengan musim panas. Suhu udara di Arab Saudi saat ini mencapai 42 derajat. Diperkirakan pada pelaksanaan haji bisa mencapai 50 derajat.

Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi petugas layanan transportasi haji, utamanya layanan bus shalawat (bus pengantar jemaah dari hotel menuju Masjidil Haram, pergi – pulang).

“Mereka harus bertugas di titik-titik pemberhentian bus yang tidak dilengkapi tempat berteduh, demi memberikan layanan kepada jemaah,” kata Sri Ilham di Cireon, Rabu 26 Juni 2019.

Berbeda dengan halte di Jakarta, tempat pemberhentian layanan transportasi di Makkah hanya berupa bendera Merah Putih. Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan 56 halte dan tiga terminal bus shalawat di Makkah.

“Mental petugas layanan transportasi haji tahun ini harus lebih kuat. Cuaca yang sangat panas, serta jumlah jemaah yang bertambah, menjadi tantangan petugas untuk memberikan layanan terbaik. Apalagi, jumlah petugas sama dengan tahun lalu,” jelas Sri Ilham.

“Layanan bus shalawat akan diberikan kepada semua jemaah. Tahun sebelumnya, hanya 91% jemaah,” tambahnya.

Tags : Haji 2019 ,

Berita Terkait