Kabar Haji 2019

4 Kloter Gelombang II Mendarat di Madinah, Ini Kata Petugas Haji

| Jum'at, 26/07/2019 20:00 WIB
4 Kloter Gelombang II Mendarat di Madinah, Ini Kata Petugas Haji Bus Shalawat yang melayani jemaah haji Indonesia (foto: kemenag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Seksi Kedatangan dan Keberangkatan Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi mengatakan, Empat kloter yang termasuk dalam pemberangkatan gelombang kedua jemaah haji Indonesia, terjadwal akan mendarat di Madinah.

Menurutnya, hal ini berbeda dengan penerbangan jemaah haji gelombang kedua lainnya yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah untuk kemudian akan bergerak ke Makkah.

"Otoritas Bandara King Abdul Aziz, tidak memberikan izin mendarat sebagaimana kloter gelombang dua lainnya, akibat keterbatasan slot time penerbangan," jelas Cecep.

Dikutip dari laman kemenag, saat ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) terus melakukan lobi kepada pihak Arab Saudi agar keempat kloter tersebut memperoleh waktu pendaratan di Jeddah.

“Bila mendarat di Madinah, jemaah haji akan langsung diberangkatkan ke Makkah setelah sebelumnya miqat di Bir Ali. Rentang waktu perjalanan antar dua kota ini mencapai enam hingga delapan jam. Sementara bila mendarat di Jeddah, jemaah cukup menghabiskan dua jam maksimal untuk mencapai Kota Makkah,” kata Cecep.

Cecep menjelaskan, empat kloter yang harus mendarat di Madinah berasal dari dua embarkasi. Pertama, dua kloter dari embarkasi Makassar yakni UPG 35 dan UPG 40, masing-masing akan mendarat pada 2 dan 5 Agustus. Kedua, dua kloter asal embarkasi Banjarmasin, kloter BDJ 17 dan BDJ 19 yang akan mendarat pada 3 dan 5 Agustus.

Tags : Haji 2019 ,

Berita Terkait