Kemnaker: Pemerintah Gencar Kerjasama Tingkatkan Kompetensi dan Mutu Pelatihan Kerja

| Senin, 02/09/2019 18:01 WIB
Kemnaker: Pemerintah Gencar Kerjasama Tingkatkan Kompetensi dan Mutu Pelatihan Kerja Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Ketenagakerjaa Indah Anggoro Putri (foto: kemanker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro Putri mengatakan, saat ini pemerintah terus menggandeng perusahaan-perusahaan swasta untuk bekerja sama meningkatkan kompetensi dan mutu pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK). 

“Hal ini dilakukan agar lulusan pelatihan sesuai dengan kebutuhan industri dan pasar kerja serta menjadi tenaga kerja terampil. Tenaga kerja terampil penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkeberlanjutan juga untuk mengoptimalkan puncak bonus demografi pada 2035,” kata Putri dalam rilis kemnaker, Sabtu 31 Agustus 2019 kemarin. 

Untuk diketahui, Pemerintah Indonesia dan Ehime Prefecture Jepang menjalin kerja sama antara lain dalam pengembangan kejuruan otomotif berstandar Toyota di BLK Bantaeng Tahap I (Januari 2016 – Juli 2018); pengembangan kejuruan otomotif berstandar Toyota di BLK Bantaeng Tahap II (Juli 2019 – Agustus 2022); pemagangan di berbagai bidang yaitu agriculture, fishery, construction, food manufacturing, textile, machinery, dll; peningkatan SDM dan bidang lainnya, kerja sama antara Ehime Prefecture dengan Provinsi Sulawesi Selatan. 

Kerja sama program pelatihan teknisi otomotif di BLK melatih angkatan 1 (pertama) selama dua tahun dengan materi ajar yang berstandar internasional. Total peserta pelatihan angkatan pertama sebanyak 16 orang dengan rincian 6 instruktur dan 10 pencari kerja.

“Program pelatihan ini dilanjutkan dengan melatih peserta pelatihan angkatan kedua yang rencananya akan melatih 50 (lima puluh) orang instruktur kejuruan otomotif yang berasal dari 13 (tiga belas) BLK milik Kemnaker,” jelasnya.

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan ,