Pemerintah Segera Perbaiki Gedung-gedung Rusak Akibat Demonstrasi di Papua

| Rabu, 04/09/2019 19:02 WIB
Pemerintah Segera Perbaiki Gedung-gedung Rusak Akibat Demonstrasi di Papua Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi bekas demontrasi di Jayapura, Papua (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Pemerintah akan memperbaiki kantor-kantor pelayanan publik, toko dan rumah penduduk yang rusak saat terjadi aksi demonstrasi pada tanggal 29 Agustus 2019 lalu di Jayapura, Papua yang berujung pada tindakan anarkis.

“Kami datang ke Jayapura untuk melihat langsung kerusakan kejadian demo kemarin. Mudah-mudahan kalau sudah di inventarisasi dan diidentifikasi bisa cepat ditangani,” kata Menteri Basuki Hadimuljono di Jayapura, Selasa 3 September 2019 kemarin.

Diketahui, akibat demontrasi tersebut, beberapa gedung pemerintahan mengalami kerusakan, seperti Gedung Majelis Rakyat Papua, Gedung Bea Cukai serta kios-kios serta rumah penduduk.

Untuk itu, Basuki memerintahkan jajaran Kementerian PUPR untuk segera melakukan pembersihan puing-puing agar masyarakat tidak menyimpan trauma dan dapat segera kembali beraktivitas seperti sediakala.

Dari sisi kebutuhan anggaran, menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, untuk bangunan Pemerintah yang rusak akan direkonstruksi dengan perkiraan anggaran sebesar Rp100 miliar yang berasal dari APBN.

Tags : Papua , Papua Barat ,

Berita Terkait