Sekjen Kemnaker: Perlu Upaya Positif Bentuk Ekosistem Digital Ketenagakerjaan

| Selasa, 24/09/2019 14:50 WIB
Sekjen Kemnaker: Perlu Upaya Positif Bentuk Ekosistem Digital Ketenagakerjaan Sekjen Kemnaker Khairul Anwar saat membuka Rakernas bahas ketenagakerjaan (foto: Humas Kemnaker)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Khairul Anwar mengatakan, ketenagakerjaan merupakan masalah yang unik dan berdimensi dengan sektor lain.

“Ketenagakerjaan tidak sekadar mengatur hubungan kerja (during employment) tapi juga pra kerja hingga pascakerja,” katanya saat menghadiri seminar "Peran Politeknik Ketenagakerjaan dalam Mewujudkan SDM Unggul” di Jakarta, Senin 23 September 2019.

Sementara itu, lanjut Khairul, SDM merupakan salah satu faktor produksi industri nasional yang masih harus terus diupayakan pengembangannya agar semakin kompetitif dan produktif.

Kendati demikian, Khairum menyebut tidaklah mudah untuk mewujudkan hal tersebut. Oleh sebab itu, pengembangan kompetensi pekerja menjadi syarat utama.

Oleh sebab itu, Khairul berharap lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan dapat ikut berperan mendorong peningkatan kompetensi SDM Indonesia, terutama di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini.

“Kita tidak dapat menghindari teknologi, maka dari itu kami perlu melakukan upaya positif membentuk ekosistem digital dari semua lini agar bisa menjadi negara siap digital," pungkasnya.

Seminar ini secara langsung dibuka oleh Menaker Hanif Dhakiri. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Staf Ahli Kemnaker Staf Ahli Bidang Ekonomi &. SDM Kemnaker Aris Wahyudi, Irjen Budi Hartawa,  dan Plt Dirjen Binwasnaker & K3 Iswandi Harli.

Tak kurang dari 300 peserta turut meramaikan dan menghadiri seminar tersebut. Mereka terdiri dari 120 mahasiswa dan dosen Polteknaker serta 180 orang manajemen perusahaan.

Tags : Kemnaker , Revolusi Industri , Digital