Hanif Dhakiri Serahkan Jabatan Menaker ke Ida Fauziyah, Begini Pesannya

| Rabu, 23/10/2019 20:35 WIB
Hanif Dhakiri Serahkan Jabatan Menaker ke Ida Fauziyah, Begini Pesannya Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan RI). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Muhammad Hanif Dhakiri selaku Menteri Ketenagakerjaan pada kabinet Presiden Joko Widodo periode 2014-2019 resmi menyerahkan jabatannya kepada Ida Fauziyah, Rabu, 23 Oktober 2019. Pada kesempatan tersebut, Hanif menyatakan bahwa dirinya meyakini di bawah kepemimpinan Ida Fauziyah yang memiliki banyak pengalaman di organisasi tingkat nasional, Kemnaker akan tumbuh dan menjadi kementerian yang terus hadir di lingkungan seluruh pekerja di Indonesia.

"Saya meminta keluarga besar Kemnaker memberikan support dan dukungan kerja sama yang ikhlas kepada Bu Ida sebagai pimpinan baru di Kemnaker. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan untuk membuat Kemnaker ini bisa terus efektif dalam mendelivered visi misi Bapak Presiden, " kata Hanif dalam siaran pers, Rabu, 23 Oktober 2019.

Baca Juga: Surat Pamitan Hanif Dhakiri yang Bikin Meleleh Warganet

Pada kesempatan yang sama, Hanif berharap seluruh jajaran Kemnaker agar tetap solid, tetap kompak, dan mampu mendukung Ida Fauziyah sebagai Menaker pada kabinet Presiden Jokowi periode 2019-2024 atau Kabinet Indonesia Maju melahirkan terobosan atau inovasi yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Selain itu, Hanif juga menyampaikan permohonan maafnya apabila selama masa jabatannya 5 tahun belum bisa menjadi pemimpin yang baik. Bahkan, Hanif menyebut dirinya mungkin hanya bisa menjadi bos yang menyebalkan.

"Sekali lagi mohon maaf untuk semua yang pernah saya tegur dan pernah kena marah saya, itu semata-mata saya lakukan agar Kemnaker kita ini menjadi lebih baik. Selamat datang untuk Bu Ida Fauziyah, saya undur diri dan pamit, dan saya sudah menyiapkan agenda khusus saya habis ini, saya mau balas dendam, tidur, " ujar Hanif.

Sementara Ida Fauziyah berjanji akan meneruskan seluruh kerja-kerja dan program ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dengan mengambil langkah-langkah yang lebih baik lagi di Kemnaker. Untuk meneruskan kerja tersebut, Ida Fauziyah meminta dukungan dan bimbingan dari seluruh pegawai di lingkungan Kemnaker.

"Hal-hal yang sudah Bapak Hanif kerjakan lima tahun itu, tak ada pilihan, kita akan teruskan. Mohon doanya, saya juga ingin menjadi Menteri yang husnul khatimah seperti Pak Hanif. Mudah-mudahan saya bisa menjalankan tugas dengan baik dan mengakhiri juga dengan baik, " kata Ida.

Baca Juga: Mengenal Sosok Ida Fauziyah, Kader Perempuan PKB Jabat Menaker

Dalam kesempatan tersebut, Ida menyatakan menjadi pengganti Hanif Dhakiri tidaklah mudah. Ida menegaskan dia tidak bisa mengikuti gaya dan kualitas Hanif Dhakiri.

"Saya kalah dengan Pak Hanif, kalau dalam hal ini. Mudah-mudahan saya punya keahlian di tempat lain, yang juga sampai sekarang masih saya cari, bagaimana saya bisa mengalahkan Pak Hanif," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Ida Fauziyah mempunyai latar belakang yang sama dengan Hanif Dhakiri. Keduanya merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Tags : Menaker , Hanif Dhakiri , Ida Fauziyah , Kemnaker RI

Berita Terkait