Agus Suparmanto, Santri Multitalenta Ini Dipercaya Jabat Menteri Perdagangan

| Sabtu, 26/10/2019 07:01 WIB
Agus Suparmanto, Santri Multitalenta Ini Dipercaya Jabat Menteri Perdagangan Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan RI). (Foto: twitter @Kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Agus Suparmanto ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Indonesia Maju. Namun, hampir tak ada yang mengenal sosok Agus saat dirinya dipanggil ke Istana hingga resmi dilantik jadi menteri.

Agus merupakan sosok santri multitalenta namun `Low Profile`. Sebelum ditunjuk jadi menteri, Agus lebih banyak disibukkan mengelola sejumlah perusahaan.

Baca Juga: Mendag Agus Suparmanto Belum Berencana Angkat Wakil Menteri

Pengusaha nasional kelahiran Jakarta, 23 Desember 1965 itu lebih banyak fokus di bidang bisnis, Olahraga dan sosial keagamaan. Selain itu, ia juga tak pernah telat untuk berbagi kepada sesama serta ingin berbuat lebih banyak untuk bangsa dan negaranya.

Agus Suparmanto lebih banyak menghabiskan masa kecilnya di Kota Jakarta. Bersekolah di SD Budhaya Jakarta, SMPN 14 Jakarta, SMAN 8 Jakarta dan melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Nasional. Agus juga sempat menimba ilmu agama di Pondok Pesantren Pesulukan, Jawa Timur.

Tekad besar untuk mengabdikan dirinya pada bangsa dan negara membawa Agus terjun ke dunia politik dan bergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia juga ingin mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk membangkitkan perekonomian bangsa, khususnya rakyat kecil dan santri.

Bidang perdagangan merupakan fokusnya sehari-hari. Sehingga tak salah Presiden Jokowi memberikan mandat pada Agus menjadi Menteri Perdagangan. Pengalaman mengelola perusahaan membuat dirinya dipercaya untuk memperbaiki neraca perdagangan nasional, terutama melakukan terobosan-terobosan yang inovatif untuk kemajuan bangsa dan negara.

Baca Juga: Resmi! Jokowi Umumkan Kabinet Indonesia Maju, Ini Daftarnya

Tak hanya aktif sebagai pengusaha, Agus aktif dalam kegiatan keolahragaan. Agus dipercaya menjadi Ketua Umum PB IKASI (Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia) selama dua periode, tahun 2014-2018 dan tahun 2019-2022. Kemudian, di tingkat Asia melalui General Assembly di Tokyo, Jepang, Agus terpilih sebagai Wakil Presiden FCA (Fencing Confederation of Asia/Konfederasi Anggar Seluruh Asia) periode 2017-2020. 

Tags : Agus Suparmanto , Menteri Perdagangan , Jokowi

Berita Terkait