Ratna Juwita Dorong LIPI Kembangkan Potensi Wilayah Laut Tuban

| Senin, 02/12/2019 22:35 WIB
Ratna Juwita Dorong LIPI Kembangkan Potensi Wilayah Laut Tuban Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Ratna Juwita Sari mengatakan bahwa Kabupaten Tuban memiliki beberapa kawasan laut yang potensial dengan terumbu karangnya. Namun, potensi tersebut tak bisa dikembangkan karena dekat dengan Pelabuhan yang dikelola Perusahaan pemerintah (BUMN).

"Di area Tuban ada tiga titik yang sangat potensial terumbu karangnya, yaitu di Kecamatan Bancar, Jenu, dan kecamatan di tumur Kota Tuban. Namun, (disana) juga ada pelabuhan dari BUMN kita," kata Ratna saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di ruang rapat Komisi VII DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

Baca Juga: Pembangunan Kilang Minyak di Tuban, Ratna Juwita Minta Masyarakat Lokal Diperhatikan

Menurutnya, kawasan terumbu karang tersebut sangat potensial jika pemerintah memberikan ruang untuk dikembangkan. Ratna pun mendorong agar LIPI bisa terlibat dalam pengembangan terumbu karang tersebut.

"Apabila wilayah ini bisa disupport oleh LIPI alangkah istimewanya," tutur Legislator Fraksi PKB dari dapil Kabupaten Tuban dan Bojonegoro itu.

Baca Juga: Anggaran Riset Minim, Ratna Juwita Pertanyakan Keseriusan Pemerintah

Untuk itu, ia berharap agar perkembangan riset dan teknologi diperhatikan pemerintah. Selain itu, pemerintah juga memberikan ruang berinvasi maupun inovasi bagi lembaga riset negara.

"Kita berharap pemerintah memberikan ruang bagi perkembangan riset dan teknologi. Supaya LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian) bisa berinvasi maupun berinovasi untuk memajukan bangsa," pungkasnya.

Tags : LIPI , DPR RI , Ratna Juwita , Terumbu Karang