Menaker Ida Fauziyah Target Bangun 2000 BLK Komunitas Tahun 2020

| Senin, 30/12/2019 16:23 WIB
Menaker Ida Fauziyah Target Bangun 2000 BLK Komunitas Tahun 2020 Menaker Ida Fauziyah menghadiri rembuk nasional BLK Komunitas di Kendal, Jawa Tengah (foto Kemnakergoid)

KENDAL, RADARBANGSA.COM - Menteri Tenaga Keja Ida Fauziyah menyatakan, 2020 Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan 2.000 (dua ribu) pembangunan BLK Komunitas sejenis seperti di Ponpes Al Fadlu, Kaliwungu, Kendal.

Hal itu disampaikan Ida saat menghadiri Rembuk Nasional Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren Al-Fadlu 2, Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah yang diikuti 1.113 BLK dari seluruh Indonesia.

“Program pembangunan BLK Komunitas ini telah dimulai pada tahun 2017 sampai dengan tahun 2019 dengan jumlah BLK Komunitas yang telah berdiri sebanyak 1.113 lembaga, tidak hanya di pesantren namun juga dibangun di lembaga pendidikan keagamaan lainnya dan Insya Allah pada tahun 2020 Kementerian Ketenagakerjaan menargetkan hingga 2.000 pembangunan BLK Komunitas," kata Ida Fauziyah.

Sedangkan yang di Kendal dan diresmikan merupakan salah satu dari 1.113 BLK Komunitas yang telah beroperasi sejak 2017 hingga tahun 2018.

Sejak 2017, sambungnya, BLK Komunitas hadir untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat khususnya di sekitar pesantren sekaligus membekali keterampilan kepada lulusan pesantren yang akan memasuki pasar kerja. Adanya BLK komunitas diharapkan dapat memperkecil jurang kompetensi dan meningkatkan produktivitas masyarakat.

"Dengan BLK Komunitas ini terbukti kita bisa mengeksplore resources para santri dan juga masyarakat karena lokasinya dekat dengan lingkungannya. Ini yang sangat membantu dalam upaya peningkatan skill serta penciptaan tenaga kerja berdaya saing dan produktif," jelas Ida.

Ia berharap, dengan output BLK yang sudah menyebar ke dunia usaha dan industri mendorong Kementerian Ketenagakerjaan terus melanjutkan program ini.

"Agar mampu merambah komunitas di daerah lain yang belum tersentuh," tandasnya.

Tags : Kemnaker , Ida Fauziyah , BLK Komunitas