Di Hadapan Civitas Akademika UNUSIA, Menteri Ida Paparkan Program Kemnaker

| Kamis, 13/02/2020 16:48 WIB
Di Hadapan Civitas Akademika UNUSIA, Menteri Ida Paparkan Program Kemnaker Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menghadiri menghadiri acara Kemnaker goes to Campus di Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA), Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis 13 Februari 2020.

Dalam sambutannya, Menaker Ida Fauziyah menyampaikan bahwa tahun 2019, Kemnaker  melakukan peningkatan keterampilan melalui pelatihan berbasis kompetensi sebanyak  257.240 orang dan 18.800 orang ditingkatkan produktivitasnya.

“Dengan begitu per september 2019 angka kemiskinan di Indonesia menurun, menjadi 9,22% yangmana menjadi angka kemiskinan terendah  dalam sejarah di Indonesia,” kata Menteri Ida Fauziyah dikutip laman twitter @kemnakerRI.

Menurut politisi senior Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), periode kedua Presiden Jokowi, pemerintah berusaha menjadikan SDM sebagai prioritas dan bekerja keras memperbaiki sistem pendidikan dan pelatihan.

“Tujuan utamanya agar Indonesia memiliki SDM terampil dan berkualitas, dengan begitu  dapat menekan angka kemiskinan di Indonesia,” tambahnya.

Selain itu, kata Ida, Kemnaker juga merespon perubahan pasar kerja, diantaranya dengan membangun pilot project fasilitas yang mampu mewadahi pengembangan keterampilan millennials di masa depan. Seperti innovation room, creative room Bekasi dan BLK Fashion Technology Semarang.

Lalu tahun 2019 Kemnaker, kata Ida, telah mendirikan 1113 BLK Komunitas, yang mana pada Desember 2019 telah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Selanjutnya tahun 2020 akan membangun 2000 BLK Komunitas lagi.

 

 

Tags : Kemnaker , PKB ,