Diduga Terjangkit Virus Corona, RSMH Kota Palembang Isolasi TH

| Selasa, 18/02/2020 10:28 WIB
Diduga Terjangkit Virus Corona, RSMH Kota Palembang Isolasi TH Ilustrasi Virus Corona (foto: padangkita)

PALEMBANG, RADARBANGSA.COM - Seorang warga Palembang, Sumatera Selatan berjenis kelamin laki-laki dengan inisial TH diduga terjangkit virus corona. Kabar ini beredar luas di media sosial sejak Minggu, 16 Februari 2020 yang lalu.

Koordinator Humas Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Suhaimi membenarkan pihaknya merawat TH di ruang isolasi. Lelaki itu diduga terinfeksi virus corona dan sempat dirawat di RS Charitas Palembang.

"Berdasarkan informasi dari petugas piket dan tim PIE RSMH bahwa ada pasien rujukan dari RS Charitas Palembang dengan diagnosa Febris, Susp Penumonia, Susp COVID," kata Suhaimin dalam keterangan tertulisnya, Senin, 17 Februari 2020 malam.

Dalam pemeriksaan ditemukan riwayat perjalan TH dari Malaysia pada 11 - 15 Februari 2020, TH mengalami gejala batuk, dahak, sesak napas dengan tingkat kesadaran normal (GCS-15).

Suhaimi menjelaskan, tim dokter RSMH telah mengambil sampel untuk uji laboratorium dan hasilnya baru diketahui dua hari lagi, jika hasilnya negatif maka pasien dapat pulang jika kondisinya tidak memerlukan perawatan tambahan.

"Pasien sedang dalam pengawasan (belum terduga suspect) karena bukan dari daerah endemik COVID-19," kata Suhaimi.

Jumlah kasus virus corona Covid-19 masih terus mengalami kenaikan, baik dari jumlah korban yang terinfeksi maupun korban meninggal. Virus yang berasal dari Wuhan, China ini pun semakin menyebar ke beberapa negara lainnya.

Dikutip dari worldometers.info, hingga berita ini dibuat, tercatat ada 73.332 kasus Covid-19 di seluruh dunia, dan 12.712 di antaranya dinyatakan telah berhasil sembuh. Sementara itu, masih ada 58.747 pasien yang terinfeksi, dengan 11.795 di antaranya masih dalam kondisi serius atau kritis.

Di China sendiri dilaporkan bertambah 1.888 kasus baru, menambah total mencapai 72.436 kasus. Berita baiknya, belum ada kasus baru ditemukan di negara lain, selain di 29 negara yang telah dilaporkan sebelumnya.

Sementara itu, di kapal pesiar internasional Diamond Princess yang kini dilaporkan telah merapat di pelabuhan Yokohama, Jepang, sebanyak 454 penumpang ditemukan positif Covid-19 dan sedang menjalani karantina selama 14 hari di Jepang.

Sejumlah 78 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi awak kapal di Diamond Princess dinyatakan seluruhnya negatif Covid-19. Akan tetapi mereka tetap ikut dikarantina selama 14 hari sesuai regulasi otoritas pemerintah Jepang.

Tags : Corona , Palembang

Berita Terkait