Survei Median: 54 Persen Responden Setuju PSBB, 35,3 Lainnya Pilih Lockdown

| Sabtu, 18/04/2020 19:21 WIB
Survei Median: 54 Persen Responden Setuju PSBB, 35,3 Lainnya Pilih Lockdown Spanduk penutupan jalan masuk kampung terkait PSBB (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sebanyak 52,4 persen responden mengapresiasi penanganan corona oleh Pemerintah. Mereka menyebut Pemerintah sudah melakukan yang terbaik (19,4 persen), cepat tanggap (10,7 persen) dan kinerja bagus (8,7 persen).

Hal itu terungkap dalam temuan survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) bertema "Persepsi Publik Atas Penanganan Wabah Corona: Kinerja Pemerintah Pusat, PSBB VS Lockdown, Darurat Sipil, dan Mudik".

Namun, 40,1 persen lainnya mengaku tak puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo dalam menanggulangi COVID-19. Mereka menyebut pemerintah lambat (18 persen), anggap enteng (16,7 persen), dan koordinasi buruk 15,3 persen.

Median mengatakan, alasan lainnya publik tak puas karena banyak warga kecil jadi korban dan kebijakan kurang tepat. “Responden juga mengaku bantuan pemerintah lambat, penyediaan APD yang sedikit dan banyaknya korban," tulis Median dalam keteranganya, Sabtu, 18 April 2020.

Pemerintah juga diapresiasi responden karena memberikan bantuan sosial, keringanan pembayaran listrik dan subsidi. “Namun ada juga responden yang menilai pemerintah kurang melakukan penyediaan masker, lambat mengantisipasi dan koordinasi buruk" terang Median.

Lalu, terdapat 54,0 persen Publik yang lebih memilih kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), sedangkan 35,3 persen setuju karantina total (lockdown), dan menjawab tidak tahu sebanyak 10,7 persen.

Terdapat tiga besar alasan publik menyetujui pembatasan sosial berskala besar (PSBB), antara lain sebanyak 38,6 persen beralasan demi menjaga ekonomi dan agar masih bisa bekerja, 11,9 persen merasa anggaran pemerintah terbatas, dan 9,9 persen berpendapat PSBB sudah cukup mencegah penyebaran virus corona.

Survei juga menemukan tiga besar alasan publik menyetujui karantina total, antara lain sebanyak 22,7 persen publik merasa karantina total mencegah penyebaran virus, 9,8 persen lebih efektif seperti di negara lain, dan 8,3 persen merasa bisa diam di rumah serta membatasi aktivitas.

Median melakukan survei ini pada 6-13 April 2020 terhadap 800 responden yang diwawancarai melalui telepon dan dipilih secara acak, dengan margin of error 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tags : Jokowi , Virus Corona , Median

Berita Terkait