BKSDA Kaltim Selamatkan Satu Orangutan di Bontang

| Selasa, 02/06/2020 16:23 WIB
BKSDA Kaltim Selamatkan Satu Orangutan di Bontang Satu Individu Orangutan Diselamatkan (Doc: KLKH)

 JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur berhasil menyelamatkan 1 (satu) individu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus morio) liar.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jenis kelamin orangutan liar ini adalah jantan yang berasal dari kebun masyarakat di Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

Penyelamatan ini dilakukan setelah mendapat laporan dari masyarakat melalui Call Center Balai Taman Nasional Kutai pada Kamis 28 Mei 2020. Laporan ini kemudian diteruskan ke Call Center BKSDA Kalimantan Timur untuk ditindaklanjuti karena lokasinya berada di luar kawasan TN Kutai. 

“Kami menugaskan tim Wildlife Rescue Unit (WRU) untuk segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan komunikasi awal kepada masyarakat pelapor untuk mendapatkan gambaran lokasi dan informasi-informasi tambahan lainnya sebagai dasar untuk mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan yang diperlukan dalam menggelar operasi penyelamatan satwa liar," ungkap Kepala BKSDA Kalimantan Timur Sunandar di Bontang.

 

Tags : Orangutan , BKSDA , Bontang

Berita Terkait