Komisi X DPR Minta Peta Jalan Pendidikan Harus Berkelanjutan

| Senin, 05/10/2020 20:50 WIB
Komisi X DPR Minta Peta Jalan Pendidikan Harus Berkelanjutan Syaiful Huda (Ketua Komisi X DPR RI). (Foto: dprgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Peta jalan pendidikan yang sedang dirumuskan Komisi X DPR RI diharapkan bisa berkelanjutan (sustainable) dalam waktu yang panjang. Peta jalan pendidikan ini dirancang untuk tahun 2020-2035. Peta pendidikan disusun untuk menjawab kebutuhan pendidikan masa depan.

"Peta jalan pendidikan sebagai kebijakan pendidikan harus berkesinambungan dan berkelanjutan dalam waktu panjang," kata Syaiful rapat dengar pendapat umum (RDPU) Panitia Kerja (Panja) Peta Jalan Pendidikan Komisi X DPR RI dengan para pakar pendidikan, Senin, 5 Oktober 2020.

Peta jalan pendidikan ini, lanjut Syaiful, harus dijalankan semua Mendikbud yang sedang menjabat ke depan. Sehingga, kualitas pendidikan Indonesia bisa terukur.

Artinya, jelas Legislator Fraksi PKB itu, tidak ada istilah ganti menteri ganti kebijakan. Komisi X DPR RI juga mendesak Kemendikbud agar melibatkan kementerian dan lembaga lain untuk menyusun peta pendidikan ini agar lebih komprehensif, sesuai konstitusi untuk menjawab kebutuhan pendidikan masa depan.

"Menekankan substansi pendidikan karakter dan parenting mendapatkan porsi yang besar dalam peta jalan pendidikan," ujarnya.

Dia menambahkan, penyusunan peta jalan pendidikan harus memperhatikan layanan pendidikan anak berbakat dan skema peningkatan mutu guru sehingga tercipta peningkatan rerata angka partisipasi pendidikan. 

Tags : DPR RI , Peta Jalan Pendidikan , Kemendikbud