Robikin Emhas: Siapapun Calon Kapolri Nanti Harus Dihormati

| Rabu, 13/01/2021 18:11 WIB
Robikin Emhas: Siapapun Calon Kapolri Nanti Harus Dihormati Ketua Pengurus harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas. (Dok Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Ketua PBNU Bidang Hukum, Ham dan Perundang-undang menilai jika siapapun calon Kapolri pilihan presiden nanti, masyarakat harus tetap menghormati.

Bagaimanapun juga, presiden memiliki kekuasaan langsung yang diberikan oleh konstitusi untuk memutuskan calon pengganti Jenderal Idham Aziz yang akan pensiun pada akhir Januari.

“Saya yakin siapaun nama yang disodorkan presiden ke DPR adalah putra terbaik Bhayangkara,” ungkap Robikin kepada Tim Radarbangsa, Rabu 12 Januari 2021.

Kepada Kapolri baru nanti, Robikin berpesan bahwa tugas dan fungsi Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, tanpa pandang bulu.

“Dalam penegakan hukum misalnya, hukum tidak boleh tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Atau terjadi semacam politik belah bambu, satu dipijak dan yang lain dijunjung,” imbuh Robikin.

Oleh karena itu, kapasitas, profesionalitas, dan integritas dalam diri Kapolri sangat dibutuhkan untuk mengemban tugas mulia ini.

Atas dasar ini semua, Robikin lantas menilai jika penunjukan nama Komjen Sigit Listyo Prabowo yang yang secara resmi tekah diajukan presiden ke DPR patut didukung dan disambut baik.

“Sekali lagi, kapasitas, profesionalitas, dan integritas Polri adalah parameter kunci kepemimpinan Polri. Hal seperti itu juga sesuai ajaran agama,” tutupnya.

 

Tags : Robikin Emhas , Calon Kapolri

Berita Terkait