Komisi VI Dorong Bali Maksimalkan Potensi Selain Pariwisata

| Rabu, 17/02/2021 16:37 WIB
Komisi VI Dorong Bali Maksimalkan Potensi Selain Pariwisata Faisol Riza (Ketua Komisi VI DPR RI dari FPKB). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Provinsi bali selama ini dikenal dengan berbagai pariwisatanya yang mendunia. Namun, sejak Indonesia dan sejumlah negara di dunia dilanda pandemi COVID-19, sektor pariwisata menjadi salah satu yang terdampak.

Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza memahami pandemi COVID-19 ini sulit untuk dikendalikan. Untuk itu, ia mendorong para mitra kerja untuk bisa memberikan inovasi baru yang lebih kreatif.

Faisol menginginkan supaya perekonomian khususnya di Provinsi Bali tidak hanya berpacu pada industri pariwisata, melainkan sektor lain yang kemungkinan bisa menjadi peluang baru untuk meningkatkan perekonomian.

Hal tersebut disampaikannya usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VI DPR RI dengan jajaran Eselon I Kementerian BUMN, Eselon I Kementerian Perdagangan, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Direktur Utama PT BRI (Persero) Tbk, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), di Bali, Selasa, 16 Februari 2021.

“Kita melihat semakin lama perekonomian Bali semakin tertekan habis. Mungkin perlu dilakukan pengembangan sektor yang lain yang perlu dilakukan BUMN dan kementerian terkait, misalkan pertanian dan perkebunan, seperti (kawasan) Bali Timur yang bisa menjadi sektor pendukung pariwisata Bali,” ujarnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap seluruh mitra kerjanya dapat memberikan inovasi, kreatifitas dan gebrakan baru dalam membangunkan kembali perekonomian Bali. Ia mendorong supaya tindakan ini dapat segera direalisasikan dengan cepat, guna membantu masyarakat Bali. Menurutnya, melihat kondisi seperti ini, sulit rasanya untuk berpacu melalui industri pariwisata saja.

“Memang saat pandemi seperti saat ini sulit rasanya untuk berkontribusi langsung kepada masyarakat. Bertahan dengan situasi sekarang, menurut saya sudah cukup baik. Namun, bagus bila ada potensi-potensi lain yang sekitanya bisa dikembangkan. Melalui sektor lama yang mestinya bisa dikembangkan, saya rasa akan lebih membantu menaikkan kembali perekonomian di Bali,” tandasnya.

Tags : DPR RI , Bali , Pariwisata , COVID-19 , PKB , Indonesia