Wapres: Pasar Rakyat Pariaman Bisa Jadi Destinasi Wisata Belanja

| Selasa, 06/04/2021 19:07 WIB
Wapres: Pasar Rakyat Pariaman Bisa Jadi Destinasi Wisata Belanja Wakil Presiden KH Maruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Selasa (6/4). (Foto: padangekspres/diskominfopariaman)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Maruf Amin menilai Pasar Rakyat Pariaman di Kota Pariaman, Sumatera Barat yang menggunakan APBN berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata belanja khususnya untuk produk khas daerah dan kuliner.

"Pasar Rakyat Pariaman berada di lokasi strategis yaitu di kawasan Pantai Gandoriah yang merupakan destinasi wisata favorit," kata Kiai Maruf seperti dilansir dari antaranews.com, Selasa, 6 April 2021.

Untuk itu, Wapres menekankan paling tidak 360 kios yang terdapat di Pasar Rakyat Pariaman tersebut diisi oleh pelaku-pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Pariaman. Dengan selesainya pembangunan dan diresmikan hari ini, jelas Kiai Maruf, maka pasar tersebut mampu menjadi motor penggerak perkembangan pelaku UMKM di Kota Pariaman dan produk dalam negeri.

"UMKM harus kita gerakkan, begitu juga produk dalam negeri dan presiden sudah minta kita semua menggunakan produk dalam negeri," ujarnya.

Kiai Maruf juga mengajak warga Kota Pariaman dan sekitarnya memanfaatkan peran pasar itu secara optimal dengan berbelanja dan berinteraksi di pasar tersebut namun dengan menerapkan protokol kesehatan. Ia pun mengajak pedagang dan pengunjung Pasar Rakyat Pariaman untuk menjaga kebersihan lingkungan pasar tersebut sehingga tempat transaksi jual beli itu dapat memancing kunjungan wisatawan.

Sebelumnya Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan Pasar Rakyat Pariaman yang dibangun oleh pemerintah pusat dan direncanakan akan diresmikan akhir Maret 2021 dapat menunjang pariwisata di daerah itu. "Konsep pasar ini memang menunjang pariwisata serta konsep selter ketika terjadi bencana," kata Genius.

Tags : Wapres , Maruf Amin , Pasar Rakyat , Pariaman