Komisi IV DPR Dukung Pengembangan Teknologi Pertanian

| Kamis, 10/06/2021 18:31 WIB
Komisi IV DPR Dukung Pengembangan Teknologi Pertanian Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengembangkan sistem teknologi untuk meningkatkan produksi pertanian di Indonesia. Anggota Komisi IV DPR RI, Julie Sutrisno menilai upaya Kementan dalam menguatkan sistem teknologi dan mekanisasi pertanian sudah tepat karena dapat meningkatkan produksi dan sistem ketahanan pangan nasional.

“Kami mendorong penguatan modernisasi produksi dari hulu ke hilir. pemanfaatan teknologi harus terus dimaksimalkan agar pertanian kita semakin maju," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi DPR RI, Kamis, 10 Juni 2021.

Legislator Fraksi Nasdem itu juga mengapresiasi meningkatnya Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Petani (NTUP) pada periode Mei 2021. Ia berharap agar kenaikan NTP dapat dirasakan di semua subsektor, termasuk peternakan dan holtikultura.

"Saya mengapresiasi kinerja ekspor Kementan yang mengalami peningkatan, terlebih naiknya NTP dan NTUP. Karena itu, kami mendorong agar nilai ekspor pada komoditas tanaman pangan, khususnya hortikultura dan peternakan terus didorong," tuturnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah meminta Kementan untuk menjalankan program Kartu Tani secara merata di semua daerah di Indonesia. Ia berharap, ke depan Kartu Tani harus disosialisasikan ke seluruh Indonesia.

"Soal kartu tani, menurut saya ini program yang sangat bagus. Hanya saja banyak petani yang tidak tahu. Jadi ke depan saya berharap kartu tani semakin disosialisasikan," kata Luluk.

Tags : DPR RI , Kementan , Pertanian , Kartu Tani , Indonesia