Tekan Penyebaran, Ketua DPR RI Desak Pemerintah Tingkatkan Pengendalian COVID-19

| Senin, 21/06/2021 18:37 WIB
Tekan Penyebaran, Ketua DPR RI Desak Pemerintah Tingkatkan Pengendalian COVID-19 Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mendesak pemerintah segera meningkatkan upaya pengendalian COVID-19, salah satunya dengan cara menerapkan PSBB, khususnya di zona merah. Sementara di daerah lainnya dapat diberlakukan PPKM berbasis Mikro.

“Pemerintah harus segera bertindak untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19 yang makin mengkhawatirkan. Berlakukan PSBB secara terbatas untuk daerah-daerah zona merah, atau pengetatan PPKM mikro,” kata Puan dalam keterangan persnya, Senin, 21 Juni 2021.

Ditegaskannya, pemerintah pusat harus menentukan langkah penanganan yang serius dan mendesak. Serta, memastikan koordinasi dan pengawasan ketat tetap berjalan dalam penanganan COVID-19, khususnya di zona merah.

Dijelaskannya, ledakan kasus COVID-19 di Pulau Jawa semakin mengkhawatirkan karena banyaknya jumlah penduduk dengan mobilitas tinggi serta penerapan protokol kesehatan yang belum optimal. Kemudian, dalam UU Kekarantinaan Kesehatan, pemerintah memiliki kewenangan mengambil langkah pembatasan sosial atau bahkan lockdown untuk mencegah penyebaran COVID-19 ini.

“Tombol bahaya harus dinyalakan untuk kondisi darurat ini dan meningkatkan kesadaran akan bahaya lonjakan kasus COVID-19,” tandas politisi PDI Perjuangan itu.

Tags : DPR RI , COVID-19 , Protokol Kesehatan , PSBB , PPKM