Tingkatkan Layanan Publik, Ini Terobosan Kemnaker

| Selasa, 07/09/2021 21:25 WIB
Tingkatkan Layanan Publik, Ini Terobosan Kemnaker Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menciptakan dua terobosan dalam menyediakan pelayanan informasi kepada publik.

"Ini sebagai upaya menjawab tantangan dalam menyajikan pelayanan prima di tengah pandemi COVID-19," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah dalam keterangan tertulis kemnaker, Selasa 7 September 2021.

Menaker Ida Fauziyah menjelaskan, terobosan pertama yang diciptakan Kemnaker dalam menyediakan pelayanan informasi yang inovatif adalah melalui penyediaan layanan pelanggan secara virtual atau Customer Service Virtual.

“Pelayanan tersebut memungkinkan kami memberikan layanan tanpa berhadapan langsung secara fisik, melainkan melalui perangkat layar monitor yang kami tempatkan di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Atap,” jelasnya.

Selain Customer Service Virtual, kata Menaker Ida, Kemnaker juga meluncurkan terobosan pelayanan khusus disabilitas. Fasilitas pelayanan telah didesain sedemikian rupa agar ramah disabilitas.

Pelayanan untuk disabilitas diselenggarakan, lanjut Menaker Ida, untuk mewujudkan pelayanan informasi yang inklusif, yang menjamin bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan informasi, serta berpartisipasi dalam pembentukan kebijakan publik. 

“Bahkan petugas pelayanan kami telah dibekali kemampuan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) untuk melayani masyarakat tuna rungu,” ucapnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah