Jokowi Ingin Kerja Sama ASEAN-Korea Fokus ke Digital dan Ekonomi Hijau

| Rabu, 27/10/2021 16:11 WIB
Jokowi Ingin Kerja Sama ASEAN-Korea Fokus ke Digital dan Ekonomi Hijau Ilustrasi teknologi digital. (Foto: winstarlinkcom)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kemitraan ASEAN-Republik Korea harus mempunyai kemanfaatan dan peluang besar untuk kesejahteraan rakyat dan dunia.

“Saya berpandangan kemitraan ini harus fokus pada ekonomi masa depan yaitu digital dan sustainable green economy. Potensi sektor ekonomi digital dan ekonomi hijau sangat besar,” kata Presiden Jokowi dalam acara KTT ASEAN secara virtual di Istana Bogor, Selasa 26 Oktober 2021.

Presiden Jokowi menyampaikan, potensi ekonomi digital ASEAN diperkirakan mencapai USD200 miliar pada tahun 2025 mendatang, sedangkan peluang ekonomi hijau kawasan Asia Tenggara mencapai USD1 milliar pada tahun 2030.

“Di sisi lain, proyek The Korean Deal yang meliputi digital dan green economy bernilai USD144 miliar hingga tahun 2025. Potensi pasar digital di Korea diperkirakan dapat mencapai USD236 miliar sampai dengan 2030 dan berkontribusi 13 persen pada PDB,” katanya.

Presiden Jokowi juga mengajak ASEAN dan Republik Korea untuk fokus pada dukungan pembuatan kebijakan yang kondusif bagi pengembangan ekonomi hijau dan ekonomi digital.

“Kerja sama ini akan menunjukkan bahwa aksi dekarbonisasi dapat berjalan bersama dengan pembangunan ekonomi. Paradigma win-win bukan zero-sum,” ungkapnya.

Tags : Digital , Ekonomi Hijau