Komisi VIII DPR Dukung Kemenag Investigasi Seluruh Pesantren dan Madrasah

| Rabu, 15/12/2021 18:02 WIB
Komisi VIII DPR Dukung Kemenag Investigasi Seluruh Pesantren dan Madrasah Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: layarberitacom)

RADARBANGSA.COM - Komisi VIII DPR RI mendukung langkah Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan investigasi kepada seluruh Pondok Pesantren dan Madrasah di Indonesia. Hal itu sebagai upaya mencegah terulangnya kasus perkosaan santriwati di Bandung beberapa waktu lalu.

"Setuju dan kita akan mendukung langkah Kemenag yang akan lakukan investigasi kepada seluruh pesantren dan madrasah," kata Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto dalam keterangan persnya, Rabu, 15 Desember 2021.

Ia meminta agar investigasi dilakukan secara menyeluruh sehingga lembaga pendidikan seperti Pesantren dan Madrasah dapat terlindung dari kasus tersebut ke depannya.

Sementara itu, anggota Komisi VIII, lisda Hendrajoni menyampaikan bahwa investigasi diperlukan sebagai bagian dari mitigasi kejahatan seksual di sekolah di bawah naungan Kemenag. “Ini lebih baik. Jadi ada mitigasi dan kita tahu lebih detail lagi untuk sekolah lain, karena kita takutnya ini kejadian yang baru terungkap yang ini, di tempat lain kita belum tahu. Kita berharap investigasi lebih lanjut sehingga tidak menjadi hal yang ditutup-tutupi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyatakan Kemenag sedang melakukan investigasi ke semua lembaga pendidikan baik madrasah maupun pesantren. "Yang kita khawatirkan ini adalah puncak gunung es. Kita menurunkan tim untuk melihat semua dengan melibatkan jajaran Kemenag di daerah masing-masing," kata Yaqut dikutip dari laman resmi DPR RI.

Tags : DPR RI , Kemenag , Pesantren , Madrasah , Investigasi , Indonesia