Kembangkan BLK Banyuwangi, Kemnaker Gandeng Austria

| Rabu, 22/12/2021 17:34 WIB
Kembangkan BLK Banyuwangi, Kemnaker Gandeng Austria Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat berkunjung ke BLK Banyuwangi, Jawa Timur beberapa waktu lalu (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggandeng Pemerintah Austria dalam mengembangkan Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi, di Jawa Timur.

"Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang kompeten melalui kegiatan Vocational Training Enhancement Program: Development Vocational Training Center for Banyuwangi," kata Direktur Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan, M. Ali Hapsah dalam keterangan tetulisnya, Rabu 22 Desember 2021.

Ali Hafsah mengungkapkan, ada dua kejuruan dan program pelatihan yang akan dikembangkan dalam program peningkatan pelatihan kejuruan melalui Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN) Austria di BLK Banyuwangi. 

"Kejuruan yang akan dikembangkan adalah kejuruan welding (las) dan tourism (pariwisata)," tambah Ali Hapsah.

Ali Hapsah menjelaskan, kedua belah pihak setuju untuk proses percepatan kerja sama ini dan pihak Austria berjanji akan segera menyelesaikan Detail Engineering Design (DED) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB)-nya yang akan dipresentasikan pertengahan Januari 2022 untuk tahapan selanjutnya. 

"Dengan pengembangan pusat pelatihan vokasi BLK Banyuwangi ini, diharapkan turut mendorong industri pariwisata di Indonesia," ujar Ali Hapsah. 

Tags : kemnaker , BLK Komunitas