Komisi IX DPR Dorong Pengembangan Keterampilan Santri

| Rabu, 29/12/2021 22:00 WIB
Komisi IX DPR Dorong Pengembangan Keterampilan Santri Nihayatul Wafiroh (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI). (Foto: dprgoid)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh menilai Kabupaten Jombang sebagai kota santri yang sangat unik. Menurutnya, hal itu karena banyaknya jumlah santri atau siswa yang mengikuti pendidikan pada institusi pendidikan Islam (Pondok Pesantren) baik yang berasal dari dalam atau luar Jombang.

“Jombang ini sangat unik, karena ada banyak sekali pesantren dan terdapat sekitar 45.000 santri di Kabupaten Jombang,” kata Ninik, sapaan akrabnya, dilansir dari laman resmi DPR RI, Rabu, 29 Desember 2021.

Untuk itu, Ninik memandang pemerintah daerah perlu mendorong kesempatan bagi para santri untuk mengembangkan keterampilannya dalam berbagai bidang pekerjaan sehingga nantinya santri dapat masuk ke berbagai bidang tenaga kerja. “Bagaimana santri ini juga bisa punya kesempatan untuk belajar soal keterampilan-keterampilan,” ujarnya.

Sebelumnya, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu memimpin tim kunjungan kerja Reses Komisi IX DPR RI melakukan peninjauan ke Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT BLK) Kabupaten Jombang. Pada kesempatan itu, Ninik menyampaikan perhatiannya terkait pengembangan keterampilan santri sebagai tenaga kerja.

“BLK ini bukan hanya peserta yang datang, tapi juga menyediakan instruktur yang bisa berkunjung, karena santri ini kalau untuk keluar pesantren itu sulit,” tuturnya.

Tags : DPR RI , Santri , Jombang , BLK , PKB , Indonesia