Resmikan Pasar Johar, Jokowi Ingin Jadi Landmark Kota Semarang

| Jum'at, 07/01/2022 22:13 WIB
Resmikan Pasar Johar, Jokowi Ingin Jadi Landmark Kota Semarang Presiden Jokowi meresmikan pasar Johar Kota Semarang (foto: pugoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Johar yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya dan denyut nadi perekonomian masyarakat di Kota Semarang di Jawa Tengah, Rabu 6 Januari 2022 kemarin

"Saya harap pasar yang sudah bagus dan rapi ini akan menjadi pasar yang ramai sehingga dapat mengembalikan kejayaan Pasar Johar yang lalu dan menjadi landmark Kota Semarang,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, pasar yang ramai menandakan adanya pergerakan ekonomi masyarakat karena adanya transaksi dan jual beli di pasar. “Ini berimbas pada sektor produksinya. Ada petani yang produksi bawang merah dan bawang putih dibawa ke pasar, ada yang produksi tahu tempe akan diarahkan pada konsumen lewat pasar,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap pasar ini dapat dimanfaatkan oleh para pedagang berjualan dan masyarakat untuk belanja barang kebutuhan. Di samping itu, Ia juga berpesan untuk menjaga kerapihan dan keamanan pasar.

Sebelumnya, kondisi pasar yang dibangun pada 1930-an oleh arsitek Belanda Herman Thomas Karsten telah mengalami kerusakan. Pasar ini juga sempat mengalami kebakaran pada 2015 silam.

Kementerian PUPR merevitalisasi Pasar Johar Utara dan Tengah yang telah selesai sejak Desember 2019. Pasar Johar Utara terdiri dari 51 kios dan 368 los kering. Sementara Pasar Johar Tengah terdiri dari 102 kios, 503 los kering dan 109 los basah. Pasar ini dapat menampung total 1.133 pedagang.

Tags : Pasar Johar , landmark Kota Semarang

Berita Terkait