Kagumi Arsitektur Tzu Chi Centre, Maman Imanulhaq: Bukti Tingginya Toleransi Beragama

| Senin, 31/01/2022 15:54 WIB
Kagumi Arsitektur Tzu Chi Centre, Maman Imanulhaq: Bukti Tingginya Toleransi Beragama Anggota DPR RI FPKB Maman Imanulhaq mengunjungi bangunan ikonik Tzu Chi Centre di PIK (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Bagi warga Ibu Kota tentu tak asing lagi dengan kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK). Suasana yang modern, lengkap, dipadu dengan pesona pantai yang indah seakan merayu warga DKI untuk berkunjung ke sana. Di PIK juga ada sebuah bangunan ikonik yang berdiri megah yaitu Tzu Chi Centre.

Anggota DPR RI, KH Maman Imanulhaq pun menyempatkan sowan ke kantor pusat Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia tersebut. Kedatangan Kiai Maman juga sekaligus menyambut momentum perayaan Imlek yang bakal digelar esok.

Kiai Maman mengaku kagum dengan arsitektur bangunan Tzu Chi Centre. Menyelaraskan nilai-nilai yang kuat, gedung itu memiliki filosofi arsitektur di tiap sudut bangunannya, katanya. Misalnya atap Aula Jing Si yang melengkung, sebenarnya mengikuti bentuk huruf Ren ( 人) dalam aksara China yang berarti orang. Atap yang bersusun tiga melambangkan bahwa Tzu Chi dibangun atas kontribusi banyak orang.

Pengasuh Ponpes Al Mizan Jatiwangi ini pun menegaskan bahwa bangunan megah yang berdiri di dekat reklamasi Teluk Jakarta itu menandakan toleransi yang besar yang dimiliki masyarakat Indonesia.

Di sana, Kiai Maman diajak berkeliling melihat tiap sudut gedung. Isinya yakni beragam dokumentasi aktivitas kemanusiaan yang digelar dari waktu ke waktu, termasuk kisah-kisah pelayanannya di Indonesia, seperti pembangunan rusun di Muara Karang, gedung SMA di Padang, dan kompleks rumah bagi korban tsunami Aceh.

"Yayasan Tzu Chi membawa misi kemanusiaan. Ada 4 pilar yang menyangga di bagian gedung menandakan 4 misi utama Tzu Chi yakni amal, kesehatan, pendidikan, dan budaya humanis. Ini adalah aset bangsa Indonesia yang perlu didukung dan dijaga kelestariannya," kata Kiai Maman, Senin 31 Januari 2022.

Tak lupa di sela kunjungannya Kiai Maman pun mengucapkan selamat Imlek kepada masyarakat Indonesia yang merayakannya. Kiai Maman berdoa semoga jalinan kerukunan dan toleransi umat beragama di Indonesia semakin kuat. 

Tags : Kiai Maman Imanulhaq , PKB , Tzu Chi Centre

Berita Terkait