Dukung KSPN Danau Toba, Pemerintah Bangun 13 Titik Pelabuhan

| Rabu, 02/02/2022 17:48 WIB
Dukung KSPN Danau Toba, Pemerintah Bangun 13 Titik Pelabuhan Danau Toba (Sumatera Utara). (Foto: Irsan Mulyadi)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyiapkan layananan kapal untuk penyebrangan di Danau Toba. Hal ini dilakukan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

"Sebelumnya di kawasan Danau Toba dilayani dengan sarana dan prasarana penyeberangan yang belum memenuhi unsur keselamatan. Oleh karenanya, kita bangun 13 titik pelabuhan penyeberangan dan 5 kapal yang memenuhi unsur keselamatan dan juga menarik," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa 1 Februari 2022.

Sementara itu, kata Budi Karya, untuk memberikan nilai tambah, akan menjadikan pelabuhan penyeberangan tidak hanya sebagai tempat pemberangkatan penumpang, namun juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti tempat kuliner, pusat budaya, bahkan pendidikan.

"Oleh karenanya saya sedang mencari mitra yang bisa mengelola pelabuhan ini sehingga pelabuhan ini selain sebagai pusat kegiatan konektivitas disini juga bisa jadi center of excellent," ungkapnya.

Dalam rangka mendukung KSPN Danau Toba, Kemenhub membangun sebanyak 13 Pelabuhan Penyeberangan yang tersebar di 7 (tujuh) Kabupaten di Sumatera Utara yaitu : Kabupaten Toba (4 Pelabuhan), Kab. Samosir (4 Pelabuhan), Kab. Simalungun (1 Pelabuhan), Kab. Tapanuli Utara (1 Pelabuhan), Kab. Humbang Hasundutan (1 Pelabuhan), Kab. Karo (1 Pelabuhan), dan Kab. Dairi (1 Pelabuhan).

Sebanyak tujuh diantaranya sudah selesai dibangun dan akan segera diresmikan. Sementara enam lainnya saat ini tengah dilakukan proses pembangunan.

Tags : KSPN , Danau Toba

Berita Terkait