Presiden Jokowi Apresiasi Insan Pers, Bangun Optimisme di Tengah Pandemi

| Rabu, 09/02/2022 16:06 WIB
Presiden Jokowi Apresiasi Insan Pers, Bangun Optimisme di Tengah Pandemi Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa insan pers telah berkontribusi besar terhadap bangsa Indonesia. Salah satunya adalah membangun optimisme masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 9 Februari 2022. Adapun puncak peringatan HPN digelar di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Atas nama masyarakat, bangsa, dan negara saya menyampaikan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia dimanapun berada," kata Jokowi mengawali sambutannya.

Selama masa pandemi COVID-19, ujar Jokowi, insan pers terus membangun optimisme masyarakat serta membangun harapan disaat pemulihan ekonomi nasional. “Meskipun berada dalam situasi pandemi, insan pers tetap bekerja, terus menyampaikan informasi, meningkatkan literasi, membangun optimisme, dan membangun harapan, sehingga masyarakat tetap tangguh menghadapi dampak pandemi COVID-19,” tegasnya.

Pada puncak HPN 2022 ini juga diberikan Anugerah Jurnalistik Adinegoro kepada insan pers yang terbagi ke dalam enam kategori. Adapun peraih anugerah tersebut adalah:

1. Kategori Media Cetak diraih oleh Tim Harian Kompas dengan judul “Berbahaya, Masker Medis Palsu Beredar di Masyarakat”.

2. Kategori Media Siber diraih oleh Tim IDN Times dengan judul “Bertaruh Nyawa, Berjuang Melawan Ganasnya COVID-19”.

3. Kategori Televisi diraih oleh TIM CNN Indonesia TV dengan judul “Menghapus Mereka yang Mati”.

4. Kategori Radio diraih oleh Tim RRI Sintang dengan judul “Oksigen Terakhir untuk Ayah”.

5. Kategori Foto Berita diraih oleh Sigid Kurniawan dari LKBN Antara dengan judul “Ganda Putri Indonesia Raih Emas Olimpiade”.

6. Kategori Karikatur diraih oleh Ashady dari JPNN.com dengan judul “Kritiklah Daku”.

Tags : Jokowi , Hari Pers Nasional , COVID-19 , Indonesia