Komisi V DPR Ingatkan Basarnas Tingkatkan Kualitas SDM dan Jumlah Personel

| Jum'at, 18/02/2022 17:10 WIB
Komisi V DPR Ingatkan Basarnas Tingkatkan Kualitas SDM dan Jumlah Personel Novita Wijayanti (Anggota Komisi V DPR RI). (Dok DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti mengingatkan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) untuk meningkatkan jumlah personel Sumber Daya Manusia (SDM) di lembaganya. Selain itu, ia juga mendorong Basarnas meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan.

“Saya mengingatkan Basarnas untuk menambah jumlah personel SDM, mengingat Indonesia merupakan wilayah tinggi bencana atau rawan bencana. Saya menilai Basarnas masih kurang dalam hal jumlah SDM-nya. Selain penambahan personel SDM juga tak kalah pentingnya adalah memperbanyak pelatihan dan pengoptimalan alat di lapangan, Keseluruhan hal itu membutuhkan fast respon maka perlu adanya penambahan SDM,” ujar Novita seperti dilansir dari laman resmi DPR RI, Jumat, 18 Februari 2022.

Sementara itu, politisi Partai Gerindra itu juga mengimbau BMKG agar dapat memberikan info cuaca dan iklim secara up to date. BMKG dimintanya juga dapat meningkatkan koordinasi antar lembaga dan pelatihan masyarakat.

Novita juga berharap BMKG dan Basarnas bisa berkolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat untuk melakukan pelatihan-pelatihan agar masyarakat dapat melakukan penyelematan dan pertolongan dengan cepat dan aman jika terjadi bencana alam.

Tags : DPR RI , Basarnas , BMKG , Personel , SDM