DPR RI Tetapkan Anggota KPU-Bawaslu, Puan Tekankan Pentingnya Integritas

| Jum'at, 18/02/2022 21:59 WIB
DPR RI Tetapkan Anggota KPU-Bawaslu, Puan Tekankan Pentingnya Integritas Rapat Paripurna DPR RI. (Dok: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani memimpin Rapat Paripurna DPR RI dengan agenda penetapan Anggota KPU RI dan Bawaslu periode 2022-2027, Jumat, 18 Februari 2022 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta. Usai penetapan, Puan meminta agar para Komisioner yang terpilih dapat bekerja secara profesional dan dengan integritas tinggi.

Adapun 7 anggota KPU terpilih yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy`ari, Muhammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz. Sementara itu 5 anggota Bawaslu terpilih adalah Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Malonga.

“Selamat kepada calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu masa jabatan tahun 2022-2027, semoga dapat menjalankan tugas dengan profesional, berintegritas, bertanggungjawab, dan amanah demi terjaminnya hak konstitusional warga negara dalam memilih dan dipilih,” ujarnya.

Puan pun mengingatkan agar anggota KPU dan Bawaslu terpilih senantiasa memegang teguh prinsip netralitas saat menjalankan tugasnya nanti. “Hal ini penting agar penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik mengingat tantangan keserentakan dalam Pemilu ke depan. Dengan begitu Pemilu dapat dilaksanakan dengan prinsip langsung, umum, bebas,rahasia, jujur, serta adil,” tukasnya.

Politisi PI Perjuangan itu juga meminta KPU menyiapkan skema yang baik terhadap proses penghitungan suara. Hal ini mengingat pada Pemilu 2019 lalu, banyak petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia karena kelelahan.

“Kita harus memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik. Namun dalam proses demokrasi tersebut harus dapat dipastikan bahwa kesehatan dan keamanan masyarakat menjadi prioritas,” tuturnya.

Tags : DPR RI , KPU RI , Bawaslu , Pemilu , Indonesia