Pemerintah Rampungkan 900 Hunian Wisata di 5 KSPN Unggulan Non Super Prioritas

| Kamis, 10/03/2022 20:20 WIB
Pemerintah Rampungkan 900 Hunian Wisata di 5 KSPN Unggulan Non Super Prioritas Pemerintah merenovasi rumah warga dengan pola pemberdayaan yang layak menjadi homestay (foto: pu)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun infrastruktur Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado – Likupang.

Selain membangun lima destinasi tersebut, PUPR juga membangun 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) unggulan prioritas lainnya seperti Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Raja Ampat di Papua Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR telah merenovasi rumah warga dengan pola pemberdayaan, sehingga rumah layak untuk menjadi homestay di kawasan wisata.  

Harapannya, lanjut Menteri Basuki, agar masyarakat setempat bukan hanya jadi penonton, tetapi juga mendapat manfaat ekonomi dari sektor pariwisata. "Tolong dirawat, dijaga dan dikelola dengan baik. Saya pesan ditata lingkungannya dan dijaga kebersihannya," katanya.

Menurut Menteri Basuki, pada tahun 2021, Kementerian PUPR telah menyelesaikan program peningkatan kualitas rumah swadaya di KSPN Morotai, Tanjung Kelayang, Raja Ampat, Wakatobi, dan Bromo-Tengger-Semeru sebanyak 900 unit dengan alokasi anggaran Rp46,05 miliar. 

Tags : PUPR , KSPN