Antrean Haji Malaysia Capai 141 Tahun, Indonesia Berapa?

| Rabu, 23/03/2022 19:07 WIB
Antrean Haji Malaysia Capai 141 Tahun, Indonesia Berapa? Menteri Agama Gus Yaqut bertemu Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Saudi Arabia, dr Tawfig Al Rabiah (foto:Instagram/gusyaqut)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melakukan pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah terkait antrean jadwal pemberangkatan naik Haji yang sangat panjang.

Ia bertujuan untuk membahas pemangkasan lamanya jadwal antre agar masyarakat bisa segera melaksanakan Ibadah Haji.

"Semoga ikhtiar ini bisa memudahkan Jamaah Haji Indonesia dalam menjalankan ibadah pada saatnya," ujar Yaqut dikutip MPI dalam twitter pribadinya @YaqutCQoumas, Senin, 21 Maret 2022.

Selain itu, ia juga bertemu dengan Menag Malaysia Datuk Haji Idris Bin Haji Ahmad guna membangun kolaborasi. Menurutnya, nasib jemaah haji malaysia terkena imbas pandemi yang mengharuskan mengantri hingga 144 tahun. 

"Malaysia yang setiap tahun di masa sebelum pandemi memberangkatkan 30.000 jamaah haji ke tanah suci, sekarang menghadapi antrian jamaah 141 tahun," katanya. 

Yaqut menjelaskan, Indonesia sendiri yang konsisten mengirimkan jamaah haji hingga 210.000, cukup memilukan karena harus menunggu 40 tahun antrean. 

"Indonesia dengan keberangkatan 210.000 jamaah, antreannya 40 tahun. Cabaran yang tidak mudah," ucapnya. 

Tags : Haji , antrean , Menag , Arab Saudi

Berita Terkait