Legislator PKB Tak Permasalahkan Kotak Suara Bahan Kardus Asal Keamanan Terjamin

| Rabu, 23/03/2022 21:50 WIB
Legislator PKB Tak Permasalahkan Kotak Suara Bahan Kardus Asal Keamanan Terjamin Nurhuda Yusro (Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKB). (Foto: DPR RI)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi II DPR RI, Nurhuda Yusro menilai, tidak masalah jika KPU (Komisi Pemilihan Umum) akan menggunakan kotak suara dari kardus di Pemilihan umum (Pemilu) 2024. Asalkan, ujarnya, ada jaminan kualitas dan keamanan agar suara rakyat dapat terjamin keamanannya.

"Saya tidak masalah kotak suara dari kardus namun harus ada jaminan keamanan. Keamanan meliputi terjaga kualitasnya sehingga tidak mudah robek, karena akan mengamankan hasil suara rakyat," kata Nurhuda dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 23 Maret 2022.

Menurutnya, tidak masalah penggunaan kotak suara dari bahan kardus dengan tujuan penghematan anggaran, tetapi kualitasnya juga harus diperhatikan agar keamanan tetap terjaga. Dijelaskannya, penghematan memang harus dilakukan karena anggaran Pemilu 2024 sedang disorot publik terkait jumlah anggaran yang meningkat tiga kali lipat dibanding Pemilu 2019 lalu.

"Karena itu tidak masalah jika alasan penggunaan kotak suara dari kardus untuk efisiensi anggaran, namun harus disertai dengan jaminan keamanan. Pada Pemilu 2019 juga ada alasan efisiensi dengan membuat kotak suara dari karton habis pakai," ujarnya seperti dikutip dari antaranews.

Legislator Fraksi PKB itu mengusulkan, kalau kotak suara mau awet digunakan pada Pemilu dan Pilkada selanjutnya, maka bisa menggunakan kotak suara berbahan aluminium. Namun, imbuhnya, kotak suara dari aluminium memiliki harga yang mahal sehingga bukan solusi untuk mengatasi persoalan tingginya biaya penyelenggaraan Pemilu.

"Siapa yang bisa menjamin (kotak suara berbahan alumunium) bisa digunakan pada Pilkada atau Pemilu berikutnya. Selain itu, biaya perawatan juga harus ada sehingga lebih baik menggunakan bahan karton saja, karena tidak ribet," tuturnya.

Tags : DPR RI , Pemilu , Kotak Suara , Kardus , Indonesia