MUI : Jangan Ada Razia Warung Makan Siang Hari

| Jum'at, 01/04/2022 16:34 WIB
MUI : Jangan Ada Razia Warung Makan Siang Hari warung makan (foto:okezone)

RADARBANGSA.COM - Sekertaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan yang kerap disapa Buya Amirsyah meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan sweeping ke tempat-tempat makan yang buka di siang Ramadan.

Buya Amirsyah berkata bahwa pemilik usaha sudah seharusnya menghargai orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa, dan sebaliknya orang yang berpuasa untuk harus menghargai satu sama lain.

“Apalagi ada sweeping-sweeping, jangan ada lah. Menurut hemat saya, dicari strateginya, dibuat momentum yang pas, sehingga di satu sisi tak mengganggu orang yang sedang berbuka. Di sisi lain, penjual makan bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ujar Amirsyah melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 1 April 2022.

Menurutnya adanya pedagang di bulan Ramadan, akan menghidupkan kembali perekonomian terutama usaha mikro kecil.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abas menjelaskan bahwa warung makan yang buka di siang hari bulan Ramadan baiknya menggunakan tirai. Meskipun ada kalanya orang muslim juga berhalangan puasa seperti musafir, sakit haid atau nifas.

“Kalau siang misal ada yang butuh (makan) karena sakit atau berhalangan, asal buka jangan vulgar, misalnya di depan agak ditutup (tirai),” kata dia.

 

Tags : MUI , Ramadan , Warung Makan , Tutup

Berita Terkait