Sambut Ramadan dan Idulfitri, BI Sediakan Uang Tunai Rp175,26 Triliun

| Selasa, 05/04/2022 21:01 WIB
Sambut Ramadan dan Idulfitri, BI Sediakan Uang Tunai Rp175,26 Triliun Ilustrasi. Penarikan Uang dari Mesin ATM (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM – Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai sebesar Rp175,26 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1443 H.

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman mengatakan, ini dilakukan juga seiring dengan momentum pertumbuhan ekonomi yang terus berlanjut serta untuk mengantisipasi peningkatan transaksi masyarakat sejalan dengan pandemi yang mulai terkendali.

“Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan peningkatan aktivitas masyarakat saat Ramadan dan Idulfitri diperkirakan meningkatkan aktivitas ekonomi dan pembayaran sehingga membutuhkan peningkatan layanan sistem pembayaran tunai dan non tunai,” kata Aida S. Budiman dalam rilisnya, Selasa 5 April 2022.

Selain menyiapkan uang tunai, lanjut Aida, BI juga terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pembayaran non tunai, antara lain QRIS, uang elektronik, BI-FAST, dan digital banking, yang dapat meminimalisir kontak fisik dalam bertransaksi.

Aida mengungkapkan, bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang tunai jelang Idulfitri, BI telah mempersiapkan 2 (dua) bentuk layanan, yaitu: Penukaran uang di Perbankan, mulai 4-29 April 2022. BI bersinergi dengan perbankan nasional menyiapkan 5.013 titik penukaran di bank di seluruh Indonesia.

Penukaran uang di Mobil Kas Keliling BI, mulai tanggal 4 April 2022.  Penukaran uang melalui kas keliling BI kembali hadir setelah vakum dua tahun akibat pandemi.

 

 

 

 

Tags : Lebaran , BI , Idulfitri