Tiga Harimau Sumatera Ditemukan Mati Terkena Jerat Babi

| Senin, 25/04/2022 15:23 WIB
Tiga Harimau Sumatera Ditemukan Mati Terkena Jerat Babi Tiga Ekor Harimau Sumatera ditemukan Texas (foto:detik.com)

RADARBANGSA.COM - Satwa dilindungi, tiga Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ditemukan mati akibat jerat babi di sekitar perkebunan sawit di Aceh Timur. Satu induk betina dan dua anak Harimau Sumatera ditemukan mati terkena kawat tebal yang biasanya digunakan untuk menjerat babi.

"Dugaan sementara harimau tersebut mati terkena jeratan babi, karena saat ditemukan kondisi kaki kedua harimau tersebut terjerat dengan jenis jerat kawat tebal," kata Kapolsek Serbajadi Iptu Hendra Sukmana dilansir detik.com, Senin, 25 April 2022.

Hendra menyebut, ketiga bangkai harimau itu ditemukan di hutan sekitar perkebunan sawit milik salah satu perusahaan.

Dia mengimbau masyarakat Aceh Timur tidak memasang jerat dengan alasan apapun. Hal itu, katanya, dapat membahayakan satwa dilindungi.

"Pelanggar dapat dikenai sanksi sesuai Pasal 40 Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," ujarnya

Sementara, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera Subhan mengatakan tengah mendalami peran para pihak, baik perorangan maupun korporasi. Perwakilan perusahaan akan dipanggil untuk dimintai keterangan terkait kasus ini.

Subhan mengatakan, keterlibatan perusahaan penting untuk melindungi satwa. Tidak sedikit wilayah konsesi masuk dalam jalur jelajah satwa.

Tags : Harimau Sumatera , Harimau , Hewan DIlindungi

Berita Terkait