Menaker Ida: Dialog Sosial Jadi Kunci Redam Gejolak Hubungan Industrial

| Jum'at, 03/06/2022 19:10 WIB
Menaker Ida: Dialog Sosial Jadi Kunci Redam Gejolak Hubungan Industrial Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mengatakan segala permasalahan ketenagakerjaan harus mengedepankan penyelesaian melalui dialog sosial.

"Kemitraan strategis dan dialog sosial yang didukung komunikasi serta dialog secara efektif merupakan kunci untuk dapat meredam berbagai gejolak hubungan industrial yang terjadi," kata Menaker Ida Fauziyah di Jakarta, Jumat 3 Juni 2022.

Sementara itu, menurut Dirjen PHI dan Jaminan Sosial, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), salah satu embrio penyebab timbulnya gejolak hubungan industrial adalah keluh kesah pekerja.

"Keluh kesah pekerja secara perorangan apabila tidak segera ditanggapi atau disikapi secara baik, dapat berkembang menjadi keluh kesah kelompok," kata Indah Anggoro Putri.

Putri mengatakan, salah satu tantangan terbesar hubungan industrial saat ini adalah bagaimana memposisikan pekerja/buruh dan SP/SB itu sebagai `mitra strategis` dengan tetap menjunjung tinggi kewajiban dan hak masing masing.

"Apabila hal ini dilaksanakan, pasti akan berdampak positif dan niscayalah dunia perburuhan akan selalu harmonis dan dinamis," ujarnya.

Untuk itu, Kemnaker mengajak para pengusaha maupun organisasi serikat pekerja/serikat buruh berkolaborasi meningkatkan skill pekerja/anggota, agar selalu dapat terus mengikuti perkembangan dan perubahan yang begitu cepat dan dinamis saat ini.

"Kolaborasi ini akan memberi keuntungan dan kemajuan bagi semua pihak, pekerja memperoleh skill dan bisa terus bekerja dan produktif. Sedangkan, perusahaan dapat memperoleh peningkatan produktivitas dan pemerintah terbantu dengan adanya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan pekerja dan masyarakat," katanya.

Tags : Dialog Sosial , Kemnaker

Berita Terkait