Menaker Ida Perkuat Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan dengan Swiss

| Jum'at, 10/06/2022 17:03 WIB
Menaker Ida Perkuat Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan dengan Swiss Menaker Ida Fauziyah melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Sekretariat Negara Bidang Ekonomi Swiss, Boris Zurcher (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, memimpin Delegasi Indonesia dalam rangkaian acara Konferensi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labor Conference (ILC) ke-110 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss. 

Di sela sela pertemuan ILO, Menaker Ida Fauziyah melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Sekretariat Negara Bidang Ekonomi Swiss, Boris Zürcher dalam rangka memperkuat kerja sama kedua negara di bidang ketenagakerjaan, di Jenewa, Swiss, Kamis 9 Juni 2022.

Dalam pertemuan tersebut, Menaker Ida Fauziyah mengemukakan tentang sejumlah kerja sama yang telah terjalin antara Indonesia dan Swiss. Khusus di bidang perburuhan dan ketenagakerjaan, terdapat Agreement on Exchange of Young Professionals, dan Memorandum of Understanding (MoU) tentang kerja sama Perburuhan dan Ketenagakerjaan yang di antaranya masih berlaku. 

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa MoU antara Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan Departemen Federal Urusan Ekonomi, Pendidikan dan Penelitian Konfederasi Swiss tentang kerja sama dalam masalah ketenagakerjaan telah ditandatangani pada tanggal 18 Juni 2019 di Jenewa, Swiss," ucap Menaker Ida dalam keterangan tertulisnya, Jumat 10 Juni 2022.

Ia berharap, MoU tersebut dapat memperkuat kerja sama di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam mengembangkan dan memajukan kebijakan pasar kerja; undang-undang perburuhan, termasuk standar perburuhan dan ketenagakerjaan internasional; dan hubungan industrial yang menjadi dasar yang signifikan bagi kepentingan bersama di tingkat nasional dan internasional. 

"Saya juga berharap, MoU ini dapat membantu memperdalam pemahaman masing-masing negara untuk mempromosikan pekerjaan yang layak yang berkontribusi pada peningkatan kegiatan ekonomi negara," ucapnya. 

 

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah