Pemerintah Siapkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umroh

| Jum'at, 19/08/2022 21:36 WIB
Pemerintah Siapkan Bandara Kertajati Layani Penerbangan Umroh Bandara Internasional Jawa Barat atau Bandara Kertajati (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah tengah menyiapkan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umroh pada November 2022 mendatang.

“Koordinasi intensif dengan Kemenag (Kementerian Agama) dan Pemda (Pemerintah) terus dilakukan agar persiapannya bisa dilakukan dengan matang,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam rilisnya, Jumat 19 Agustus 2022.

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan, dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umroh dari Bandara Kertajati oleh Kemenag, diproyeksikan potensi jemaah umroh mencapai 40.000 orang pada periode Januari-Mei 2023.

“Pesawat umroh yang berangkat dari Bandara Kertajati bisa melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Arab Saudi,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mendukung diberlakukannya zona penerbangan umroh, aksesibilitas transportasi darat dari dan menuju bandara ini juga akan terus ditingkatkan melalui penyediaan angkutan jalan.

Diketahui,  Bandara Kertajati sebelumnya digunakan untuk pesawat kargo. Menurut Menhub Budi Karya, jumlah volume kargo yang dilayani terus mengalami peningkatan.

“Adapun maskapai yang melayani penerbangan kargo di Bandara Kertajati yakni PT. Rafles Global Angkasa (Asia Cargo) dan PT. Trigana Air Service,” tukasnya.

Tags : Bandara Kertajati , Umroh , Bandara Kargo

Berita Terkait