Bandara Baru di Kediri Jadi Pembangunan Bandara Pertama Dibiayai Non-APBN

| Kamis, 08/09/2022 22:21 WIB
Bandara Baru di Kediri Jadi Pembangunan Bandara Pertama Dibiayai Non-APBN Penandatanganan kerja sama pembangunan bandara di Kediri (foto: kemenhub)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah dan perusahaan swasta melakukan kerja sama pembangunan Bandara Baru di Kediri, Jawa Timur. Pembangunan bandara di Kediri ini menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dengan pembiayaan swasta murni tanpa menggunakan APBN.

Penandatangan kerja sama tersebut dilakukan oleh Plt Dirjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono dengan Presiden Direktur PT. Surya Dhoho Investama, Istata Taswin Siddharta yang disaksikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kantor Kemenhub Jakarta, Rabu, 7 September 2022 kemarin.

“Ini momen bersejarah karena menjadi perjanjian KPBU (Kerja sama pemerintah dengan badan usaha) unsolicited pertama di Indonesia,” ujar Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Luhut mengapresiasi PT Surya Dhoho Investama yang berinisiatif membangun bandara baru, “Alhamdulillah pembebasan lahan sudah terselesaikan dan saat ini pembangunannya sudah berjalan dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu, Presdir PT Suryo Dhaha Investama yang sekaligus juga sebagai Direktur Gudang Garam Tbk. Istata Taswin Siddharta menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya sebagai pemrakarsa proyek KPBU unsolicited Bandara Kediri.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada Gubernur Jatim dan Bupati Kediri yang telah membantu kelancaran pembangunan bandara ini. Semoga kehadiran bandara ini memberikan dampak positif bagi kemajuan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah selatan Jawa,” tukasnya.

 

Tags : Kemnhub , Pembangunan Bandara

Berita Terkait